Sumber Dana dan Persepsi Tentang Bunga Bank oleh Pedagang Muslim (Studi Pedagang di Pasar Basah di Kota Kendari Tahun 2015)

Nur Afandi, Ernawati Ernawati

Abstract


Abstract

 Fatwa of  The Council of Indonesian Ulama (Majelis Ulama Indonesia, MUI) Number 1/ 2004 imply that  bank interest equal to usury. The purpose of this study was to determine Muslim traders' perceptions of interest, and their consistency in the behavior of loan applications.  Methods of data collection used in this study was questionnaires to Muslim traders of Wet Mandonga Market Kendari City. Samples taken in this research were 30 respondents with census sampling technique. The data were analyzed using percentage. The level of consistency of respondents is calculated by the share of the number of respondents who consider the bank interest equal to usury and do not make loans with conventional scheme, to the total respondents. The results showed that all Muslim traders in the Wet Market Mandonga Kendari City have understood that the interest is equal to usury However there are 16.67 percent of respondents whose equity is usury, where 6.67 percent of which comes from loan shark. The consistency of perception and application of the understanding of interest money on Muslim traders reached 83.33 percent.

Abstrak

Fatwa Majelis Ulama Indonesia (MUI) Nomor 1 Tahun 2004  membawa pesan bahwa bunga bank sama dengan riba. Penelitian ini mengkaji persepsi pedagang muslim tentang bunga, dan konsistensinya terhadap perilaku pengajuan pinjaman modal. Metode pengumpulan data diperoleh melalui kuisioner bagi pedagang muslim di  Pasar Basah Mandonga Kota  Kendari. Sampel pada penelitian ini  berjumlah 30 orang pedagang, yang ditentukan berdasarkan metode sensus. Metode analisis yang digunakan yaitu matriks empat kuadran dan persentase. Tingkat konsistensi responden dihitung dengan persentase jumlah responden yang menganggap bunga bank sama dengan riba yang sekaligus tidak melakukan pinjaman  dengan tambahan bunga, terhadap total responden. Hasil penelitian menunjukkan bahwa seluruh pedagang muslim di Pasar Basah Mandonga Kota Kendari telah memahami bahwa bunga pinjaman uang sama dengan riba. Meskipun demikian terdapat 16,67 persen  responden yang permodalannya bersifat ribawi yang 6,67 persen diantaranya bersumber dari rentenir. Adapun konsistensi persepsi dan aplikasi dari pemahaman akan bunga uang pada pedagang muslim mencapai 83,33 persen


Keywords


perception; interest; usury; equity

Full Text:

PDF

References


Cahyani, A. F., Saryadi., & Nurseto, S. (2013). Pengaruh Persepsi Bunga Bank dan Kualitas Pelayanan Terhadap Minat Menabung pada Bank BNI Syariah di Kota Semarang. Diponegoro Journal of Social and Politic, 2(3), 1-8. Diakses dari http://ejournals1.undip.ac.id/index.php/

Fauzan. (2013). Pengaruh Religiusitas Terhadap Etika Berbisnis (Studi Pada Rumah Makan. Padang di Kota Malang). Jurnal Manajemen dan Kewirausahaan, 15(1), 53-64. doi: 10.9744/jmk.15.1.53-64

Hamka, A. A., & Danarti, T. (2010). Eksistensi Bank Thithil Dalam Kegiatan Pasar Tradisional (Studi Kasus di Pasar Kota Batu). Journal of Indonesian Applied Economics, 4(1), 58-70. Diakses dari http://jiae.ub.ac.id/index.php/jiae/article/view/119/94

Kurniati. (2012). Analisis Persepsi dan Preferensi Nasabah Muslim dan Nasabah Non Muslim Terhadap Keputusan Memilih Perbankan Syariah di Provinsi DIY (Studi Kasus di Bank Syariah Mandiri Cabang Yogyakarta dan Bank Pembangunan Daerah DIY Syariah). Jurnal Ekonomi Syariah Indonesia, 2(2), 251-276. Diakses dari http://ejournal.almaata.ac.id/index.php/JESI/article/view/357

Maski, G. (2010). Analisis Keputusan Nasabah Menabung: Pendekatan Komponen dan Model Logistik Studi pada Bank Syariah di Malang. Journal of Indonesian Applied Economics, 4(1), 43-57. Diakses dari http://jiae.ub.ac.id/index.php/jiae/article/view /120/147

Mawey, H. E. (2013). Motivasi, Persepsi, dan Sikap Konsumen Pengaruhnya Terhadap Keputusan Pembelian Produk PT. Rajawali Nusindo Cabang Manado. Jurnal EMBA 1 (4), 791-801. Diakses dari https://ejournal. unsrat.ac.id/index. php/emba/ article/ view/2807

Mohammad, R., & Mustofa (2014). Pengaruh Tingkat Pemahaman Agama Terhadap Perilaku Bisnis Pedagang Pasar Minggu Telaga Kabupaten Gorontalo. Jurnal Al-Mizan, 10(1), 1-16. Diakses dari http://download.portalgaruda.org

Mughni, A. (2015). Keuangan Islam Untuk Wong Cilik (Miskin). Jurnal Muqtasid, 6(1), 125-139. Diakses dari http://muqtasid.iainsalatiga.ac.id/index.php/muqtasid/article/view/ 1025/699

MUI. (2004). Fatwa MUI No. 1 Tentang Bunga (Interest/Fa’idah). Diakses dari http://muijatim. org/wp-content/uploads/2016/09/Bunga-InterestFaidah_2004.pdf

Nababan, D. I., & Hamoraon, H. D. (2013). Analisis Faktor-Faktor yang Mempengaruhi Keputusan Masyarakat Kecamatan Medan Helvetia Dalam Memilih Lembaga Keuangan Sebagai Sumber Pendanaan. Jurnal Ekonomi dan Keuangan, 1 (6), 17-24. Diakses dari https://jurnal.usu.ac.id/index.php/edk/article/view/9224

OJK. (2018a). Statistik Perbankan Syariah-Desember 2017. Diakses dari: www.ojk.go.id

OJK. (2018b). Statistik Perbankan Indonesia-Desember 2017. Diakses dari: www.ojk.go.id

Oktavianingtyas, K. W. (2015). Preferensi Pedagang Tradisional Terhadap Sumber Pembiayaan Usaha (Studi di Pasar Tradisional Kota Malang). Jurnal Ilmiah Mahasiswa FEB UB, 3 (1), 1-18. Diakses dari http://download.portalgaruda.org

Osano, H. M., & Languitone, H. (2016). Factors Influencing Access to Finance by SMEs in Mozambique: Case of SMEs in Maputo Central Business District. Journal of Innovation and Entrepreneurship, 5(13), 1-16. doi:10.1186/s13731-016-0041-0

Priyadi, U. (2014). Analisis Faktor-Faktor yang Mempengaruhi Pengembalian Pinjaman BMT di Kecamatan Ngaglik tahun 2012. Jurnal Aplikasi Bisnis, 15(9), 1761-1776. doi: 10.20885/jabis.vol15.iss9.art1

Rahmawaty, A. (2014). Pengaruh Persepsi Tentang Bank Syari’ah Terhadap Minat Menggunakan Produk di BNI Syari’ah Semarang, 8(1), 1-28. Diakses dari https://media.neliti.com/media/publications/53231-ID-none.pdf

Rambo, C. M. (2013). Time Required to Break-Even for Small and Medium Enterprises: The Evidence from Kenya. The International Journal of Marketing Research and Management, 6(1), 81-94. Diakses dari https://ssrn.com/abstract=2262538

Siboro, I.K. (2015). Rentenir, Analisis Terhadap Fungsi Pinjaman Berbunga Dalam Masyarakat Rokan Hilir Kecamatan Bagan Sinembah Desa Bagan Batu. JOM Fisip, 2 (2), 1-15. Diakses dari https://jom.unri.ac.id/index.php/JOMFSIP/article/view/5287




DOI: https://doi.org/10.18326/muqtasid.v9i1.70-81

Refbacks

  • There are currently no refbacks.






                                                                

Creative Commons License

MUQTASID by http://muqtasid.iainsalatiga.ac.id/ is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.

MUQTASID Jurnal Ekonomi dan Perbankan Syariah UIN SALATIGA p-ISSN: 2087-7013, e-ISSN: 2527-8304