Faktor-Faktor yang Mempengaruhi Minat Mahasiswa Menjadi Anggota KSPM UIN Walisongo Semarang dalam Perspektif Islam

Sokhikhatul Mawadah, Fernaldi Anggadha Ratno

Abstract


This study aims to measure and analyze the influence of religious stimuli, knowledge, creativity and reputation towards interest of becoming a member of KSPM UIN Walisongo Semarang and to see which variables are the most dominant influence in deciding to become members of KSPM UIN Walisongo Semarang. This is field research. The method used to collect the data is questionnaire distributed to the whole population (KSPM board). The dependent variable or variable Y is interest and independent variable or variable X is religious stimuli, knowledge, creativity and reputation. Based on the research result, it can be concluded that first, religious
variable of stimuli has positive and significant influence; second, knowledge variable has positive and significant influence; third, creativity variable has not positive influence; and fourth, reputation variable has positive and significant influence and it becomes the most dominant variable in influencing students’ interest to become member of KSPM UIN Walisongo Semarang. Primary data was obtained directly from questionnaires distributed to KSPM Walisongo members. Secondary data is obtained from literature, journals, magazines, newspapers, or data related to this research.

Penelitian ini bertujuan untuk mengukur dan menganalisa pengaruh religius stimuli, pengetahuan, kreativitas dan reputasi berpengaruh terhadap minat menjadi anggota KSPM UIN Walisongo Semarang dan melihat variabel mana yang yang paling dominan pengaruhnya dalam memutuskan menjadi anggota KSPM UIN
Walisongo Semarang. Penelitian ini merupakan jenis penelitian lapangan, yaitu
penelitian dimana informasi dikumpulkan melalui penggunaan kuesioner, dengan melibatkan seluruh populasi (pengurus KSPM) melalui penggunaan kuesioner. Dalam penelitian ini variabel terikat (dependent variable) atau variabel Y adalah minat dan variabel bebas (independent variable) atau variabel X adalah religius stimuli, pengetahuan, kreativitas dan reputasi. Berdasarkan hasil penelitian dapat diambil kesimpulan bahwa pertama, variabel religius stimuli terdapat pengaruh yang positif dan signifikan, kedua, variabel pengetahuan terdapat pengaruh yang positif dan signifikan, ketiga variabel kreativitas tidak terdapat pengaruh yang positif, dan keempat, variabel reputasi terdapat pengaruh yang positif dan signifikan serta menjadi variabel yang paling dominan dalam mempengaruhi minat mahasiswa menjadi anggota di KSPM UIN Walisongo Semarang. Penelitian ini merupakan jenis penelitian lapangan, yaitu penelitian dimana informasi dikumpulkan melalui penggunaan kuesioner, dengan melibatkan seluruh populasi. Data primer diperoleh langsung dari penyebaran kuesioner kepada anggota KSPM Walisongo. Data sekunder diperoleh dari literatur, jurnal, majalah, koran, atau data-data yang berhubungan dengan penelitian 


Keywords


Religious stimuli; Pengetahuan; Kreativitas; Reputasi; Minat

Full Text:

PDF


DOI: https://doi.org/10.18326/muqtasid.v8i2.141-153

Refbacks

  • There are currently no refbacks.






                                                                

Creative Commons License

MUQTASID by http://muqtasid.iainsalatiga.ac.id/ is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.

MUQTASID Jurnal Ekonomi dan Perbankan Syariah UIN SALATIGA p-ISSN: 2087-7013, e-ISSN: 2527-8304